3 Preposition (Kata Depan)

3 Preposition (Kata Depan) : Preposition of Time, Preposition of Place, Preposition of Direction.


Preposition merupakan salah satu dari 8 parts of speech. Preposition adalah kata yang terletak di depan noun (kata benda) atau kata yang diletakkan di depan pronoun (kata ganti). Oleh karena itu sering disebut kata depan. Adapun kata yang diletakkan setelah preposition, baik noun (kata benda) maupun pronoun (kata ganti) dalam tata bahasa inggris dikenal dengan istilah Object of Preposition (object kata depan). 

Preposition tidak bisa diletakkan sebelum verb (kata kerja), kecuali verb (kata kerja) tersebut telah diubah bentuknya menjadi gerund. Gerund adalah Verb 1 (kata kerja bentuk asal) yang ditambahkan ing (verb + ing) dan beralih fungsi menjadi sebagai kata benda. 

Preposition secara umum berfungsi menunjukkan adanya hubungan antara Object of Preposition dengan kata lain sehingga menghasilkan phrase (frasa) yang menerangkan Object of Preposition tersebut.

01.Preposition of Time

Preposition of Time adalah Preposition yang dipergunakan untuk menunjukan waktu. Jadi Object of Prepositionnya adalah waktu, kata yang mengandung makna waktu. Kata-kata yang biasa dipergunakan adalah :
  • in (pada bulan/pada tahun/pada pekan/bulan/tahun tertentu). Biasanya Object of Preposition adalah bulan atau tahun. Contoh penggunaan : In August, In 1945, in first week of August.
  • at (pada jam/pada waktu tertentu dalam lingkup hari tertentu). Contoh penggunaan : at 10.00 Am., at this morning, at this afternoon, at this night.
  • on (pada hari/pada tanggal/pada hari-hari tertentu). Contoh penggunaan : on Monday, on 17 August, on Indonesia independent day.
Kata-kata lain yang juga sering dijadikan Preposition of Time : after, during, for, from, by, of, off, over, past, since, till, to, until.

02.Preposition of Place

Preposition of Place adalah Preposition yang dipergunakan untuk menunjukan tempat. Jadi Object of Prepositionnya adalah tempat, kata yang mengandung makna tempat. Kata-kata yang biasa dipergunakan adalah :
  • in (di dalam). Biasanya Object of Preposition adalah tempat yang memiliki ruang (indoor). Contoh Penggunaan : in the class, in the room, in the house.
  • at (di/pada). Biasanya Object of Preposition adalah tempat yang ada di/pada tempat-tempat tertentu, seperti : nama jalan, nama kampung, nama kota, dan sebagainya. Contoh Penggunaan : at Jln KHZ. Mustofa, at Gunungjaidan, at Gunungtandala, at Cibeureum, at Bandung.
  • on (di atas). Biasanya Object of Preposition adalah permukaan suatu tempat. Contoh penggunaan : on the table (di atas meja)
Kata-kata lain yang juga bisa dijadikan Preposition of Place : in, at, on, above, over, along, alongside, amid, among, between, around, about, behind, beside, below, beneath, under, underneath, near, inside, outside. 

03.Preposition of Direction

Preposition of Direction adalah Preposition yang dipergunakan untuk menunjukkan arah. Jadi Object of Prepositionnya adalah arah yang dituju, kata yang mengandung makna on the way "otewe". Kata-kata yang biasa dipergunakan adalah :
  • to (ke/kepada/menuju). Biasanya Object of Preposition boleh ke mana saja. Contoh penggunaan : to school, to the school, to library, to the library, to Bandung, to Australia, dan sebagainya.
  • into (menuju/ke dalam/ke arah). Biasanya Object of Preposition adalah arah yang dituju yang memiliki ruang (indoor) Contoh penggunaan : into the mosquito, into the house, in to the library, dan sebagainya.
  • Toward (menuju). Contoh penggunaan : toward the market, dan sebagainya.
Comments


EmoticonEmoticon