8 Adverb (Kata Keterangan)

8 Adverb (Kata Keterangan) : Relative, Interrogative, Simple, Adverb of Place, Adverb of Time, Adverb of Manner, Adverb of Degree, Adverb of Frequency

Adverb merupakan salah satu dari 8 jenis Parts of Speech. Adverb adalah kelas kata yang berfungsi memodifikasi suatu kalimat dengan menerangkan keadaan dari verb, atau adjective, atau adverb lainnya atau bahkan menerangkan keseluruhan kalimat.
  • Contoh Adverb Menerangkan Verb : Kabayan eats quickly (Kabayan makan dengan cepat). Pada contoh kalimat ini quickly (adverb of manner) menerangkan eats (intransitive verb)
  • Contoh Adverb Menerangkan Adjective : Kabayan is very handsome (Kabayan sangat tampan). Pada contoh kalimat ini very (adverb of degree) menerangkan handsome (descriptive adjective)
  • Contoh Adverb Menerangkan Adverb Lainnya : Kabayan runs very quickl (Kabayan berlari dengan sangat cepat). Pada contoh kalimat ini very (adverb of degree) menerangkan quickly (adverb of manner)
  • Contoh Adverb Menerangkan Keseluruhan Kalimat : Kabayan eats a bowl of meatball quickly (kabayan memakan semangkuk baso dengan cepat). Pada contoh kalimat ini quickly (adverb of manner) menerangkan Kabayan eats a bowl of meatball (seluruh kalimat)
Secara garis besarnya adverb ada 3 jenis, yaitu : Relative Adverb, Interrogative Adverb dan Simple Adverb. Kemudian Simple Adverb terbagi lagi menjadi 5 jenis, yaitu : Adverb of Place, Adverb of Time, Adverb of Manner, Adverb of Degree dan Adverb of Frequency. Jadi ada 8 jenis Adverb yang akan saya jelaskan dalam artikel ini.

01.Relative Adverb

Relative Adverb adalah jenis adverb (kata keterangan) yang berperilaku seperti conjunction, yaitu untuk menghubungkan dua pernyataan atau anak kalimat. Kata-kata yang biasa dipergunakan untuk adverb jenis ini antara lain: when, what, why, while, whenever, whatever, dan lain sebagainya. Contoh Penggunaan :
  • Where. Indonesia is a country where Kabayan is born (Indonesia adalah sebuah Negara dimana Kabayan dilahirkan). Pada contoh ini relative adverb “where” menghubungkan kalimat “Indonesia is a country” dan kalimat “Kabayan is born”
  • When. Yesterday was a time when Kabayan was very nervous (kemarin adalah saat ketika Kabayan sangat gugup). Pada contoh ini relative adverb “when” menghubungkan kalimat “Yesterday was a time” dan kalimat “Kabayan was very nervous”.
  • Why. I don’t know why Iteung really loves Kabayan (saya tidak tahu kenapa Iteung sangat mencintai Kabayan). Pada contoh ini relative adverb “why” menghubungkan kalimat “I don’t know” dan kalimat “Iteung really loves Kabayan”

02. Interrogative Adverb

Interrogative Adverb adalah adverb (kata keterangan) yang menggunakan kata interrogative dan ditempatkan di awal kalimat pertanyaan. Predikat pada kalimat pertanyaan ditempatkan sebelum subjek. Contoh Penggunaan :
  • Where. Where do you study Arabic? (dimana kamu biasa mempelajari bahasa arab?)
  • When. When will you study arabic?(kapan kamu akan belajar bahasa arab?)
  • Why. Why do you ask me? (kenapa kamu bertanya kepadaku?)

03.Simple Adverb

Simple Adverb adalah adverb yang seolah-olah keterangan yang dihadirkannya adalah dalam rangka menjawab lima pertanyaan yang meliputi what, where, when, how dan why. Ada 5 jenis Simple Adverb, yaitu : Adverb of Place, Adverb of Time, Adverb of Manner, Adverb of Degree dan Adverb of Frequency. 

04.Adverb of Place

Adverb of Place adalah kata yang memodifikasi kalimat dengan menerangkan tentang tempat terjadinya suatu aksi atau peristiwa dalam kalimat tersebut. Seolah-olah keterangan yang dihadirkan oleh adverb jenis ini adalah dalam rangka menjawab pertanyaan where (dimana). Kata-kata yang biasa dipergunakan untuk adverb jenis ini antara lain: down, under, forward, back, behind, beside, between, above, in, on, at, up, along, here, there, dan sebagainya. Contoh Penggunaan ;
  • Behind. Kabayan is working behind me (Kabayan sedang berjalan di belakangku)
  • In Front Of. Kabayan is working in front of me (Kabayan sedang berjalan di depanku)
  • Beside. Kabayan is working beside me (Kabayan sedang berjalan di sampingku)
  • Above. Kabayan is flying above me (Kabayan sedang terbang di atasku)
  • Under. Kabayan is crawling under me (Kabayan sedang merayap di bawahku)

05.Adverb of Time

Adverb of Time adalah kata yang memodifikasi kalimat dengan menerangkan tentang waktu terjadinya suatu aksi atau peristiwa dalam kalimat tersebut. Seolah-olah keterangan yang dihadirkan oleh adverb jenis ini adalah dalam rangka menjawab pertanyaan when (kapan). 
Adverb of Time ada 2 jenis, yaitu :
1).Adverb of Indefinite Time
Adverb of Indefinite Time adalah adverb yang berfungsi untuk menunjukan waktu yang tidak didefinisikan. Dengan kata lain, waktunya tidak spesifik. Adverb of Indefinite Time ini biasanya ditempatkan dalam kalimat sesudah subject atau auxiliary verb (kata kerja bantu). Contoh Penggunaan :
  • Always (selalu). Kabayan always goes to school (Kabayan selalu pergi ke sekolah) 
  • Never (tidak pernah). Kabayan is never absent from school (Kabayan tidak pernah absent dari sekolah)
2).Adverb of Definite Time
Adverb of Definite Time adalah adverb yang berfungsi untuk menunjukkan waktu yang bisa didefinisikan. Dengan kata lain, waktunya spesifik. Waktu Adverb of Definite Time terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  • Present. Artinya :Waktu sekarang. Contoh: now (sekarang). Kabayan is reading my article now (Kabayan sedang membaca artikelku sekarang)
  • Past. Artinya : Waktu lampau. Contoh: last (tadi/telah lalu). Kabayan wrote an article last night (Kabayan telah menulis sebuah artikel malam tadi/telah lalu)
  • Future. Artinya : Waktu masa depan. Contoh: later (nanti). Kabayan will read my article later (Kabayan akan membaca artikelku nanti)
Adverb of Place dan Adverb of Time juga bisa berkoalisi memodifikasi satu kalimat secara bersamaan. Contoh : 
  • Kabayan is always works behind me (Kabayan selalu berjalan di belakangku) always & behind
  • Kabayan is working behind me now (Kabayan sedang berjalan di belakangku sekarang) behind & now
Dari sekian banyak jenis adverb, menurut saya Adverb of Time adalah Adverb yang paling harus bisa dipahami karena nantinya akan sering ditemukan dalam pembahasan 16 Tenses.

06.Adverb of Manner

Adverb of Manner adalah kata yang memodifikasi kalimat dengan menerangkan tentang bagaimana cara suatu aksi/tindakan atau bagaimana perilaku terjadinya suatu aksi atau peristiwa yang dimodifikasi dalam kalimat tersebut. Seolah-olah keterangan yang dihadirkan oleh adverb jenis ini adalah dalam rangka menjawab pertanyaan “in what manner (dengan cara apa)”. Biasanya Adverb of Manner ini dibentuk dari Adjective (kata sifat) yang ditambah akhiran-ly. Contoh : adjective kata “slow” dijadikan adverb of manner dengan ditambah akhiran “-ly” menjadi “slowly”. Contoh penggunaan :
  • Happy (senang). Kabayan walked to the stage happily (Kabayan telah berjalan ke panggung dengan senang)
  • Quick (cepat). Kabayan has completed his task quickly (Kabayan telah menyelesaikan tugasnya dengan cepat)
  • Clear (bersih/jelas). Kabayan has presented the results of his scientific research clearly (Kabayan telah mempresentasikan hasil penelitian ilmiahnya dengan jelas)
  • Smart (cerdas). Kabayan, let’s solve our problem smartly! (Kabayan, mari kita atasi permasalahan kita dengan cerdas!)

07.Adverb of Degree

Adverb of Degree adalah kata yang memodifikasi kalimat dengan menerangkan tentang intensitas atau derajat sesuatu yang dimodifikasi dalam kalimat tersebut. Seolah-olah keterangan yang dihadirkan oleh adverb jenis ini adalah dalam rangka menjawab pertanyaan “in what degree (dalam derajat apa)” atau pertanyaan “how much (seberapa banyak)”. Kata-kata yang biasa dipergunakan untuk adverb jenis ini antara lain: partly (sebagian), little (sedikit), fully (sepenuhnya), much (banyak), rather (lebih tepatnya), enough (cukup), quite (agak), extremely (teramat ekstrem), completely (seluruhnya), hardly (hampir tidak), fairly (agak), nearly (hampir), very (sangat) dan so (berlebih). Contoh Penggunaan :
  • Almost. Kabayan, this is almost afternoon (Kabayan, ini sudah hampir sore)

08.Adverb of Frequency

Adverb of Frequency adalah kata yang memodifikasi kalimat dengan menerangkan tentang frekuensi suatu aksi/tindakan atau seberapa sering kemunculannya aksi/tindakan yang dimodifikasi dalam kalimat tersebut. Seolah-olah keterangan yang dihadirkan oleh adverb jenis ini adalah dalam rangka menjawab pertanyaan “how often (seberapa sering)”. Sebagian dari adverb jenis ini selalu berkaitan dengan kuantitas, sebagian lagi berkaitan dengan frekuensi jumlah. Kata-kata yang biasa dipergunakan untuk adverb jenis ini antara lain: once (sekali), hardly (jarang), again (sekali lagi), often (sering), frequently (sering), rarely (jarang) dan seldom (jarang). Contoh penggunaan :
  • Often (often). Kabayan is often written by blogbelajar.com (Kabayan sering dituliskan oleh blogbelajar.com)
  • Rarely (jarang). blogbelajar.com is rarely visited by netizen. (blogbelajar.com jarang dikunjungi oleh netizen)
Comments


EmoticonEmoticon