Superlative Degree : Fungsi, Rumus dan Contoh Penggunaan

Tata-Bahasa-Inggris-BlogBelajarcom
Superlative Degree : Fungsi, Rumus dan Contoh Penggunaan

Superlative Degree merupakan salah satu dari 3 jenis The Degrees of Comparison (Tingkat Perbandingan) dalam tata bahasa inggris.
  • Positive Degree (tingkatan perbandingan sama)
  • Comparative Degree (tingkatan perbandingan lebih)
  • Superlative Degree (tingkatan perbandingan paling/ter)


Fungsi

Superlative Degree ini (tingkatan perbandingan paling/ter) fungsinya dalam tata bahasa inggris adalah untuk memperbandingkan tiga object atau lebih yang dibicarakan perbandingannya dalam suatu kalimat dan salah satunya memiliki tingkatan “paling/ter” daripada semua object yang ada.


Rumus

Rumus Penggunaan Superlative Degree dalam kalimat adalah : The + kata superlative degree

Contoh penggunaan

Regular 1 Suku Kata.

Pembentukannya adalah dengan menambahkan est dibelakang kata tersebut. 

Contoh kata : small menjadi smallest. Contoh kalimat : Upin is the smallest in his family (Upin paling/terkecil di keluarganya)

Regular Suku kata berakhiran “some/ow/le/r/y”

Pembentukannya adalah dengan menambahkan est di belakang kata tersebut.

Contoh kata : clever menjadi cleverest. Contoh kalimat : Upin is the cleverest in his class (Upin paling/terpandai di kelasnya)

Regular 2 Suku kata atau lebih

Pembentukkannya dengan menambahkan most sebelum kata tersebut

Contoh kata : famous menjadi most famous. Contoh kalimat : Upin is the most famous in his school (Upin paling/terpopuler di sekolahnya)

Irregular

Pembentukannya tidak beraturan. Yang dimaksud irregular di sini adalah kata yang perubahan bentuk dari positive menjadi comparative dan menjadi superlativenya tidak mengikuti aturan yang sudah dibahas sebagaimana di atas.

Contoh kata : Good menjadi Best. Contoh kalimat : Upin is the best student in his school (Upin siswa paling/terbaik di sekolahnya) Good termasuk irregular karena bentuk comparativenya adalah better (bukan gooder), dan bentuk superlativenya adalah best (bukan goodest)

Artikel Paling Relevan

Comments


EmoticonEmoticon