3 Lafadz Isti'adzah Pilihan Para Imam Mujtahid Muthlaq

Oktober 02, 2020

3-Lafadz-Isti'adzah-Pilihan-Para-Imam-Mujtahid-Muthlaq
3 Lafadz Isti'adzah Pilihan Para Imam Mujtahid Muthlaq

Isti'adzah, tulisan arabicnya اِسْتِعَاذَة artinya memohon perlindungan. Istilah lainnya adalah "ta'udz" dan "ta'awwudz".

Ada 3 lafadz isti'adzah yang umum dipergunakan atau dilafalkan oleh umat islam. Hal itu merujuk pada 3 jalur pendapat ulama yang ahli dan banyak diikuti, yaitu para Imam Mujtahid Muthlaq.

Lafadz ke 1

أَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَجِيْمِ

Lafadz ini merupakan lafadz isti'adzah yang paling populer dan dipilih oleh Imam Malik, Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi'i. Landasannya adalah Q.S. al-Nahl Ayat 98
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
Umat islam di Indonesia lebih sering menggunakan yang ini, bukan karena kalimatnya paling pendek melainkan karena mayoritas umat islam di indonesia mengikuti Madzhab Imam Syafi'i dan Madzhab Imam Maliki.

Lafadz ke 2


أَعُوْذُ بِاللّٰهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمٌ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَجِيْمِ

Imam Ahmad bin Hanbal berpendapat bahwa lafadz yang inilah lafadz isti'adzah yang lebih utama. Beliau berpegangan pada Q.S. al-Nahl Ayat 98 tadi dan Q.S. Fushshilat Ayat 36

 وَاِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذ بِاللّٰهِ إنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمٌ

Ayat lain yang mirip, Q.S al-A'raf Ayat 200

 وَاِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذ بِاللّٰهِ إنّهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمْ

Kita sering mendengar ini dibacakan oleh Ustadz dan Qori Internasional, atau pada Mp3 Bacaan Murattal dan Mp3 Ruqyah Masyayikh Saudi.

Untuk di indonesia, pelafalan ini juga kerap dilafalkan oleh para qori. Untuk dipergunakan sehari-hari memang jarang, tapi sekalipun dipergunakan tidak apa-apa... karena perbedaan pendapat dalam hal ini hanya pilihan yang sifatnya opsional saja.

Lafadz ke 3

أَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَجِيْمِ إنّ اللّٰهَ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمٌ

Imam Sufyan al-Tsauri dan Imam al-Auzai berpendapat lafadz ini merupakan lafadz isti'adzah yang paling utama. 

Ini adalah pelafalan yang nyaris tidak pernah terdengar di indonesia, karena sekalipun Imam Sufyan al-Tsauri dan Imam al-Auzai ini termasuk mujtahid muthlaq, tapi madzhabnya tidak ada di zaman sekarang. 

Bahkan para ulama banyak mengatakan bahwa madzhab beliau berdua secara umum tidak sah ditaqlidi di zaman sekarang karena kurangnya ulama yang berafiliasi sebagai penjelas dan penerus eksistensi madzhabnya sehingga berpotensi tidak terjamin dari tahrif dan tabdil, sebagaimana dijelaskan dalam kitab Bughiyah al-Mustarsyidin Hal 8 & Majmu'ah Sab'ah Kutubin Mufidah Hal 59)

Daftar Pustaka

Syaikh Ahmad al-Shawi. Hasyiyah al-Alamah al-Shawi ala Tafsir al-Jalalain Juz 1 Hal 5

Syaikh Sayid Alawi al-Saqafi. Majmu'ah Sab'ah Kutubin Mufidah Hal 59

Syaikh Sayid Abdurrahman Ba'alawi al-Hadhrami. Bughiyah al-Mustarsyidin Hal 8

Artikel Paling Relevan

Comments


EmoticonEmoticon