Cara Membaca Akhir Surat, Basmalah dan Awal Surat

Cara-Membaca-Akhir-Surat-Basmalah-dan-Awal-Surat
blogbelajar.com - Bu Susi sedang membaca Surat al-Ikhlas dan akan melanjutkan bacaannya ke Surat Al-Falaq, di antara akhir surat Al-Ikhlas dan awal Surat al-Falaq dia akan membaca basmalah. Bagaimana Cara Membaca Akhir Surat, Basmalah dan Awal Surat Sesuai Dengan Aturan Ilmu Tajwid?

Ada 3 cara membaca yang diperbolehkan menurut ilmu tajwid, dan ada 1 cara yang tidak diperbolehkan.

1 cara yang tidak diperbolehkan adalah akhir surat pertama (al-Ikhlas) diwashalkan kepada basmalah, kemudian akhir basmalah diwaqofkan (berhenti dan mengambil nafas baru) kemudian membaca awal surat kedua (al-Falaq). Kenapa cara ini tidak diperbolehkan? karena dengan itu jadi seolah memperlakukan basmalah sebagai salah satu ayat (ayat terakhir) dari surat yang pertama. Padahal bukan. Sebagaimana penjelasan dalam kitab Hidayah al-Mustafid :

وَأَمَّا غَيْرُ الْجَائِزُ فَهُوَ مَا اِذَا وُصِلَ آخِرُ السُّوْرَةِ بِالْبَسْمَلَةِ وَوُقِفَ وَابْتُدِئَ بِمَا بَعْدَهَا وَوَجْهُ عَدَمِ جَوَازِهِ أَنَّهُ يُوْهَمُ أَنَّ الْبَسْمَلَةَ مِنْ آخِرِ السُّوْرَةِ

Adapun 3 cara yang diperbolehkan adalah sebagai berikut :

  1. قَطْعُ الْكُلِّ (diwaqofkan/diputuskan semuanya) : ini berarti Bu Susi harus berhenti di akhir surat pertama dengan mengambil nafas baru, Kemudian membaca basmalah dan berhenti lagi untuk mengambil nafas baru lagi, kemudian membaca awal surat yang kedua.
  2. وَصْلُ الْبَسْمَلَةِ فِي أَوَّلِ السُّوْرَةِ (basmalah diwashalkan kepada awal surat yang kedua) ini berarti washal terjadi hanya untuk mewashalkan basmalah kepada awal surat kedua, sedangkan akhir surat pertama diwaqofkan dan bacaan basmalah menggunakan nafas baru.
  3. وَصْلُ الْكُلِّ (diwashalkan semuanya) Jika yang digunakan adalah cara yang ini berarti nafas yang diambil sebelum membaca ayat terakhir surat pertama tidak boleh diperbaharui sampai akhir ayat surat kedua.
Ketiga cara ini diperbolehkan, jadi kita bisa memilih yang mana saja dari ketiga cara tersebut. Umumnya orang menggunakan cara yang kedua, tapi yang lebih baik adalah cara yang pertama karena dengan itu sekaligus menegaskan bahwa basmalah bukan bagian dari keduanya.

Daftar Pustaka

Abu Rimah, Syaikh Muhammad al-Mahmud. Hidayah al-Mustafidz fi Ahkam al-Tajwid. Hal 5

Artikel Paling Relevan

Comments


EmoticonEmoticon