Cara Membaca Isti‛adzah, Basmalah dan Awal Surat

Cara-Membaca-Isti‛adzah-Basmalah-dan-Awal-Surat
blogbelajar.com - Pak Zaid bermaksud membaca Surat Al-Baqarah. Sebelum membaca Surat tersebut dia ingin mengawalinya dengan membaca isti'adzah dan basmalah terlebih dahulu. Bagaimana cara membacanya yang benar?

Ada 4 cara yang benar sebagaimana dijelaskan oleh para ulama ahli ilmu tajwid, antara lain dalam kitab Hidayah al-Mustafid
س : اٌذَا اَتَى الْقَارِئُ بِالْإِسْتِعَاذَةِ وَالْبَسْمَلَةِ وَالسُّوْرَةِ فَكَمْ وَجْهًا فِيْهَا؟
ج : فِيهَا اَرْبَعَةُ اَوْجُهٍ قَطْعُ الْجَمْعِ وَوَصْلُ الْبَسْمَلَةِ بِالسُّوْرَةِ فَقَطْ وَوَصْلُ الْإِسْتِعَاذَةِ وَالْبَسْمَلَةِ فَقَطْ وَوَصْلُ الْجَمْعِ
  1. قَطْعُ الْجَمْعِ (diputuskan semuanya) : jika Pak Zaid menggunakan cara ini maka Pak Zaid harus waqof (berhenti dan mengambil nafas baru) setelah membaca isti'adzah, kemudian membaca basmalah dan waqof lagi (berhenti dan mengambil nafas baru lagi), kemudian membaca awal surat al-Baqarah.
  2. وَصْلُ الْبَسْمَلَةِ بِالسُّوْرَةِ فَقَطْ (dilanjutkan basmalah kepada surat saja) : baca isti'adzah dan waqofkan (berhenti dan ambil nafas baru), kemudian baca basmalah dan washalkan (tidak mensukunkan harkat akhir lafadz الرَّحِيْمِ dan memparalelkannya ke huruf awal surat al-Baqarah yaitu الم) kemudian melanjutkan membaca surat al-Baqarah.
  3. وَصْلُ الإِسْتِعَاذَةِ وَالْبَسْمَلَةِ فَقَطْ (diwashalkan isti'adzah dan basmalah saja) : Jika menggunakan cara ini, Pak Zaid harus memparalelkan bacaan isti'adzah kepada bacaan basmalah tanpa mensukunkan lafadz الرَّجِيْمِ dan langsung dilanjutkan kepada huruf ب lafadz بِسْمِ kemudian membaca basmalah dan mensukunkan huruf م lafadz الرَّحِيْمِ kemudian berhenti dan mengambil nafas baru sebelum membaca awal surat al-Baqarah.
  4. وَصْلُ الْجَمْعِ (diwashalkan semuanya) : Untuk melakukan cara ini, Pak Zaid dengan satu kali pengambilan nafas sebelum membaca isti'adzah harus membaca isti'adzah, basmalah sampai akhir ayat awal surat tanpa berhenti.
Kita bisa menggunakan cara yang mana saja, karena 4 cara ini diperbolehkan. Yang paling penting adalah menyesuaikan dengan situasi.
Khusus dalam proses pengajaran membaca Al-Qur'an untuk pemula, biasanya menggunakan cara yang pertama yaitu قَطْعُ الْجمع karena umumnya pengajar mempertimbangkan nafas pembaca dan memprioritaskan kebenaran bacaan sekalipun dalam kondisi terbata-bata/putus-putus. 

Itulah cara membaca isti'adzah, basmalah dan awal surat.

Daftar Pustaka

Abu Rimah, Syaikh Muhammad al-Mahmud. Hidayah al-Mustafidz fi Ahkam al-Tajwid. Hal 5

Artikel Paling Relevan

Comments


EmoticonEmoticon