Cara Mendaptarkan Web Ke Google Analityc

Januari 14, 2021
Cara mendaptarkan web ke google analytics adalah dengan : membuat akun, membuat properti web, menempatkan kode dan memverifikasikannya. Cara ini sangat dianjurkan untuk website, terutama website baru, baik website gratis maupun berbayar, baik dihosting di blogger maupun di wordpress.

Google Analytics merupakan produk google. Sebuah layanan gratis yang berguna untuk menampilkan statistik dan menganalisis perilaku pengunjung website, sehingga kita sebagai pemilik web dapat mengetahui keyword yang paling banya dicari dan dibutuhkan oleh netizen.

Dengan ini kita juga menjadi dapat memahami sejauh mana efektifitas konten yang sudah kita buat di website kita. Ini menjadikan kita lebih selektif memilih judul artikel nantinya.

Berikut ini adalah cara membuat akun, membuat properti web, menempatkan kode dan memverifikasikannya :
  1. Kunjungi https://analytic.google.com, kemudian klik Daftar
  2. Masukan nama akun anda
    Nama ini boleh tidak sama dengan nama website anda, karena ini hanya nama akun anda di google analytic saja. Akun ini nantinya bisa dipergunakan untuk mendaftarkan lebih dari satu website. jadi jika anda memiliki website 10 misalnya, ketika website yang 10 itu mau anda kaitkan ke google analytic, maka akunnya bisa mempergunakan akun yang sama dengan akun yang akan anda daftarkan ini. Pada Setelan Berbagi Data Akun, biarkan semuanya dalam kondisi checklist seperti pada contoh gambar di bawah ini.
    Karena anda saat ini memang bermaksud untuk berbagi data akun, agar anda nantinya dibantu untuk menganalisis website oleh google analytic. Kemudian klik buat
  3. Seperti pada langkah sebelumnya, pada langkah ini juga tidak perlu merubah pilihan, tetapkan sebagaimana bawaannya yaitu web karena memang anda saat ini sedang daftar untuk dibantu menganalisis website. klik buat
  4. Pada langkah selanjutnya anda akan membuat properti analytic. inilah saatnya anda memasukan : nama situs, url situs, kategori situs dan zona waktu pelaporan.
    Untuk kategori situs jika anda klik panah, maka pilihannya lumayan banyak. Pilih salah satu yang sesuai dengan situs anda. Selanjutnya zona waktu pelaporan, disana bawaan aslinya negara amerika, jika anda menggantinya dengan indonesia, maka zona waktu akan otomatis berubah menjadi jakarta. kemudian klik buat
  5. Setelah klik buat, maka anda akan dibawa ke halaman persetujuan. diminta untuk berkenan menyetujui 2 persetujuan, baca saja dulu dengan cara discroll, kemudian setujui.
  6. Jika semua langkah pendaftaran tadi sudah dilalui, maka kita akan mendapatkan kode UA-**********
    (kode itu pada gambar ini ditutup dengan garis warna hijau) nah copy kode itu, lalu buka halaman blogger>>>setelan>>>lainnya, scroll ke bawah ada kolom isian kode Google Analytic, pastekan pada kolom tersebut. 
  7. Kemudian kembali ke halaman gambar nomor 6, ada script yang dilingkari dengan lingkaran warna merah, susah nycrollnya 😁 copy scriptnya kemudian buka halaman blogger>>>tema>>>edit HTML, cari kode </Head> pastekan script tersebut di atas kode </Head> kemudian klik simpan
  8. Selesai

Itulah cara mendaptarkan web ke google analytics adalah dengan : membuat akun, membuat properti web, menempatkan kode dan memverifikasikannya.

Artikel Paling Relevan

Comments


EmoticonEmoticon