Strategi Membuat Website Baru

Februari 06, 2021
Saya sangat mengapresiasi anda untuk membuat website baru, apalagi jika anda belum pernah memiliki sebelumnya. Karena saat ini website sangat multifungsi. Akan tetapi anda penting memiliki strategi sebagai persiapan sebelum membuatnya.
  1. Jangan mudah tergiur program promosi. Simpan dulu uang anda. Karena untuk memiliki website yang ideal itu yang paling dibutuhkan adalah ilmu bukan bukan modal.
  2. Miliki terlebih dahulu website atau blog gratisan sebagai objek pengenalan dan objek eksperimen. Bahkan dengan website atau blog gratis, anda masih bisa belajar sedikit-sedikit. Anda bisa membuatnya di blogger.com atau bisa juga membuatnya di wordpress.com. Santai saja. Nantinya website gratis tersebut masih bisa diupgrade atau dinaikkan levelnya ke versi berbayar. Jika anda sudah siap. Salah satu caranya adalah dengan mengcustom domainnya.
  3. Perbanyak Searching Fokus ke web atau blog lama. Cari tahu lebih banyak informasi tentang website atau blog lama. Bukan website baru. Fokus website atau blog lama. Setidaknya agar anda tau lebih awal tentang bagaimana ending anda nantinya. Setelah anda menikmati website atau blog gratisan anda dan anda memperbanyak searching mencari tau tentang apa yang diperbincangkan para pemilik website atau blog lama, baru anda menentukan website atau blog jenis apa yang akan anda kelola nantinya. Hikmahnya apa? Dari yang mereka perbincangkan anda akan tahu apa yang membuat mereka sukses dan apa yang membuat mereka gagal. Anda juga akan tahu, website atau blog jenis apa yang sesuai dengan fashion anda. 
  4. Perbanyak searching lagi Fokus ke website atau blog baru. Kenapa saya selalu menyarankan searching bukan membeli buku tentang website atau blog? Karena dunia blogging terus berkembang. Dunia blogging berikut informasi yang terkait dengan itu, akan lebih mudah dipelajari dengan mengikuti perkembangan di dunia blogging itu sendiri. Bukan dengan membeli buku. Orang membuat buku butuh waktu lama untuk menuangkan pemikiran ke dalam buku, belum lagi proses pembuatan bukunya, sementara dunia blogging terus berkembang. Bisa jadi, buku yang anda beli hari ini tentang blogging, isinya adalah model ngeblog 1 tahun ke belakang. Kecuali yang anda beli adalah buku tentang dasar-dasar pengelolaan blog/website, bukan perkembangannya. Untuk mengikuti perkembangannya, informasi yang lebih up to date tentunya hanya akan anda dapatkan melalui update para blogger dan webmaster. Makanya saya lebih menyarankan anda untuk memperbanyak searching.
  5. Eksekusi. Nah, setelah 4 langkah tersebut anda lewati, baru berani mengeluarkan biaya untuk membuat website baru. Sekalipun di awal saya menyarankan anda untuk menyimpan dulu uang anda dan membuat website gratisan, bukan berarti saya menyarankan anda untuk mengelola website gratisan selamanya, hanya sementara. Karena walau bagaimanapun, memiliki website berbayar itu lebih leluasa daripada mengelola website gratisan. Hanya saja kita perlu sedikit bijak ketika itu menyangkut sesuatu yang harus mengeluarkan biaya di tengah ketidaktahuan kita terhadap apa yang akan kita kelola nantinya.

Artikel Paling Relevan

Comments


EmoticonEmoticon