Simulasi UTBK Resmi 2023 GRATIS!!! Lengkap Dengan Soal, Jawaban Dan Pembahasan - Blog Belajar

Title-gambar

Halo Semua Pejuang utbk giamana kabarnya? semoga baik ya, soalnya utbk udah didepan mata, kalian harus jaga kesehatan untuk bisa berjuang di utbk 2023.

Untuk Pejuang utbk 2023 udah punya persiapan belum? nah jika udah ayo asah lagi kemampuan kamu dengan berlatih simulasi UTBK 2023. Berikut Admin Kasih Soal Simulasi utbk 2023. Selamat Mengerjakan.

Subtes UTKB :
Tes Skolastik 
1. Penalaran umum, 30 Soal, 30 Menit
2. Pengetahuan Kuantitatif, 15 Soal, 20 Menit
3. Pengetahuan Dan Pemahaman Umum, 20 Soal, 15 Menit
4. Pemahaman Bacaan Dan Menulis, 20 Soal, 25 Menit
Tes Literasi 
1. Literasi dalam Bahasa Indonesia, 30 Soal, 45 Menit
2. Literasi dalam Bahasa Ingris, 20 Soal, 30 Menit
3. Penalaran Matematika, 20 Soal, 30 Menit

Silahkan kunjungi https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk memulai simulasi UTBK, soal diatas bersumber dari Kemendikbud snpmb resmi.

Contoh Soal ;

Devide et impera menjadi salah satu senjata kongsi dagang Belanda (VOC) untuk menguasai Nusantara. Istilah ini berasal dari bahasa Spanyol yang kurang lebih artinya ‘belah dan kuasai’. Istilah ini merujuk pada sebuah strategi perang yang dikombinasikan dengan politik, ekonomi, dan sosial untuk menguasai sebuah wilayah atau kelompok. Cara ini bahkan dijadikan kebiasaan oleh VOC dalam hal politik, militer, dan ekonomi untuk melestarikan penjajahannya di Indonesia. Orientasinya adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan menaklukkan raja-raja di Nusantara. Misalnya dalam kasus Kerajaan Mataram,  posisinya semakin melemah karena terbagi menjadi empat wilayah terpisah.


Dalam konteks lain, devide et impera juga berarti mencegah kelompok-kelompok kecil untuk bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang lebih kuat. Kondisi ini terasa sekali ketika kita didera pandemi Covid-19. Kita tak sadar bahwa pro kontra terhadap sebuah kebijakan publik misalnya, justru memperoleh panggung daripada upaya bersama untuk keluar dari pandemi ini. Kondisi di masyarakat saat itu seperti terkena “politik belah dan kuasai”. Ego “siapa kami” lebih mengemuka dibandingkan “inilah kita!”.


Media sosial menjadi ajang untuk mengaduk-aduk jejak digital masa kelam. Lantas, langkah yang sudah mulai ke depan kembali mundur. Upaya untuk membentuk imunitas komunal pun memperoleh hambatan justru di pusat kasus. Misalnya, hasil survei mencatat persentase warga DKI Jakarta yang menolak vaksinasi Covid-19 paling tinggi di Indonesia, yakni 33 persen. Kita patut merenungkan ucapan ahli virus, Faheem Younus, “Orang yang terpecah tidak bisa menang melawan virus yang bersatu.”


(Diadaptasi dari)

https://www.kompas.com/stori/read/2021/04/10/105529179/devide-et-impera-asal-usul-dan-upaya-upayanya-di-nusantara; https://jabar.tribunnews.com/2021/07/22/faheem-younus-singgung-covid-19-di-indonesia-negara-hterpecah-tidak-menang-lawan-virus-yang-bersatu; htps://nasional.tempo.co/read/1445189/survei-smrc-warga-dki-jakarta-tertinggi-menolak-vaksinasi-covid-19; https://rolipsaptamaji.wordpress.com/2017/08/31/memahami-operasi-strategi-devide-et-impera/)


Simpulan yang tepat bacaan di atas adalah ….

  • Pemerintah Belanda dapat menguasai seluruh wilayah Nusantara dalam waktu yang lama karena menerapkan strategi devide et impera.
  • Kerajaan Mataram terbagi menjadi empat wilayah terpisah karena adanya perebutan wilayah dan perpecahan para pemimpinnya.
  • strategi devide et impera berupaya mencegah kelompok-kelompok kecil bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang lebih kuat.
  • kesepahaman dan kebersamaan semua pihak merupakan faktor penting dalam upaya menghadapi dan menyelesaikan permasalahan.
  • media sosial dapat menjadi sarana mengekspresikan pro dan kontra dalam menyikapi kebijakan publik untuk menghadapi masalah.

Itulah contoh dari soal simulasi diatas, silahkan klik tombol mulai diatas untuk soal lainnya 

Admin >> Website Seputar Hal Hal Baru Dan Unik yang terjadi di dunia.

Posting Komentar untuk "Simulasi UTBK Resmi 2023 GRATIS!!! Lengkap Dengan Soal, Jawaban Dan Pembahasan - Blog Belajar "